Caretaker Barcelona, ​​Siapa Itu Sergi Barjuan?

Caretaker Barcelona, ​​Siapa Itu Sergi Barjuan?

Diposting pada

 15 total views,  1 views today

Sergi Barjuan sebagai pelatih Barcelona (c) FC Barcelona

Sergi Barjuan sebagai pelatih Barcelona (c) FC Barcelona

Bola.net – Barcelona menunjuk Sergi Barjuan sebagai pelatih sementara usai pemecatan Ronald Koeman. Keputusan Blaugrana terbilang berani, khususnya di tengah krisis tim.

Kamis (28/10/2021), Barca menjatuhkan pemecatan terhadap Koeman hanya beberapa jam setelah hasil buruk kontra Rayo Vallecano di La Liga. Blaugrana bermain tandang, pulang dengan kekalahan 0-1.

Kekalahan ini sudah jadi kesempatan terakhir untuk Koeman yang sudah diancam pemecatan. Akhirnya Joan Laporta dan tim mengambil keputusan besar tersebut. Koeman dipecat.

1 dari 3 halaman

Cari pengganti

Sejak beberapa pekan lalu, sebelum keputusan pemecatan Koeman, Barca disebut sudah mencari yang siap grip tim. Ada beberapa kandidat yang dibidik, termasuk Xavi.

Kabar dekat dengan Xavi semakin kuat dalam 24 jam terakhir. Barca sudah menjalin komunikasi, tapi tidak disebut mau bertemu.

Xavi bukan satu-satunya kandidat. Barca juga melirik Roberto Martinez, pelatih Timnas Belgia. Pencarian pengganti Koeman bakal membutuhkan waktu.

2 dari 3 halaman

Tunjuk sementara

Ronald Koeman usai mendampingi Barcelona di laga lawan Rayo Vallecano, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. (c) AP Photo

Ronald Koeman usai mendampingi Barcelona di laga lawan Rayo Vallecano, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. (c) Foto AP

Sambil menunggu pencarian pelatih baru, Barca menunjuk Sergi Barjuan sebagai pelatih sementara. Barjuan adalah pelatih Barcelona B yang diangkat melatih tim utama.

Barjuan baru melatih Barca B sejak bulan Juni 2021 ini. Dia dikontrak hingga tahun 2023 untuk mengembangkan La Masia.

Saat ini Barca B ada di peringkat ke-11 dengan 13 poin. Mereka sudah memetik 3 kemenangan, 4 hasil imbang, dan 2 kekalahan di bawah Barjuan.

3 dari 3 halaman

Ronald Koeman usai mendampingi Barcelona di laga lawan Rayo Vallecano, Kamis (28/10/2021) dini hari WIB. (c) AP PhotoSiapa itu Barjuan?

Barjuan adalah mantan pemain Barcelona. Dia bermain sebagai bek kiri di era Dream Team Joan Cruyff.

Sebagai pemain, Barjuan pernah menjuarai liga dan mencapai final Piala Eropa musim 1993/94. Barjuan melewati total 386 pertandingan sebagai pemain dan meraih 9 trofi.

Artinya, Barjuan mengenal betul filosofi Cruyff yang membentuk identitas Barca hingga sekarang. Dia jadi pelatih interim terbaik untuk Barca sekarang.

Sumber: Marca


Read More