Kabar Gembira, Bendera Merah Putih Tetap Bisa Berkibar di Laga Indonesia vs Australia, Asalkan…

Kabar Gembira, Bendera Merah Putih Tetap Bisa Berkibar di Laga Indonesia vs Australia, Asalkan…

Diposting pada

 19 total views,  1 views today

Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat melawan Tajikistan U-23. (c) Instagram PSSI

Mulai XI Timnas Indonesia U-23 saat melawan Tajikistan U-23. (c) Instagram PSSI

Bola.net – Ada kabar gembira jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. PSSI melalui Sekjen Yunus Nusi mengatakan bahwa bendera Merah Putih bisa berkibar di laga Timnas Indonesia U-23 melawan Australia.

Seperti sebelumnya memang ada diketahui bahwa bendera Indonesia tidak bisa berlaga di laga melawan Australia. Kekhawatiran itu muncul setelah adanya sanksi dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA) kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI).

Namun dalam penjelasannya, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa bendera Merah Putih bisa tetap berkibar di laga itu apabila tidak ada larangan dari Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

“Selama tidak ada surat resmi dari AFC, PSSI tetap menggunakan bendera Merah Putih dalam partai Timnas Indonesia U-23 melawan Australia U-23,” kata Yunus Nusi kepada Bola.com.

Timnas Indonesia U-23 menghadapi Australia U-23 dalam laga dua leg Grup G Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, akibat mundurnya China dan Brunei Darussalam.

Tim berjulukan Garuda Muda itu akan melawan Australia U-23 pada 26 dan 29 Oktober 2021 di tempat netral yang telah ditunjuk oleh AFC yaitu Dushanbe, Tajikistan.

1 dari 2 halaman

Sanksi WADA kepada LADI

LADI divonis tidak patuh dalam ikut ikutan aturan dan program anti-doping dunia, sehingga Indonesia dihukum larangan mengibarkan bendera Merah Putih di dalam Olimpiade dan Paralimpiade regional dan dunia.

Hukuman dari WADA Untuk LADI itu berlangsung selama setahun atau sampai sanksi itu dicabut.

Selain itu, Indonesia juga tidak boleh menjadi tuan rumah mengatur regional dan dunia selama masa hukuman itu masih berlaku.

“Belum ada surat resmi dari AFC larangan bendera Merah Putih pada laga Timnas Indonesia U-23 kontra Australia U-23, ” tutur Yunus.

2 dari 2 halaman

Bulutangkis Sudah Menjadi Korban

Selebrasi para pemain Indonesia setelah memenangkan Piala Thomas 2020. Di final Piala Thomas, Indonesia mengalahkan China 3-0, Minggu (17/10/21). ). (c) Claus Fisker/Ritzau Scanpix melalui AP

Cabang olahraga telah menjadi korban dari sanksi WADA kepada LADI.

Tim bulutangkis putra Indonesia tidak dapat mengibarkan bendera Merah Putih ketika menjuarai Piala Thomas 2020 di Denmark pada 17 Oktober 2021.

Bendera Merah Putih diganti oleh bendera PBSI saat tim bulutangkis putra Indonesia berada di podium kampiun Piala Thomas 2020.

Disadur dari: Bola.com (M Adiyaksa/Rizki Hidayat; 24/10/21)


Read More