Rumus Dasar Pada Microsoft Excel

6 Rumus Dasar Pada Microsoft Excel Untuk Pemula

Diposting pada

 498 total views,  1 views today

Microsoft excel adalah aplikasi office windows yang sering digunakan kita sehari-har yang berfungsi untuk membuat lapoaran keuangan, data pekerjaan maupun laporan perkerjaan. Microsoft excel sudah banyak membantu banyak orang khususnya bagi para akuntan yang setiap harinya bergelut dengan aplikasi ini untuk menghitung ataupun membuat laporan keuangan. Kepoinpedia disini ingin menjelaskan beberapa rumus-rumus dasar pada Microsoft excel bagi pemula.

Berikut 6 Rumus Dasar Pada Microsoft Excel :

  1. SUM (Penambahan Angka)

Rumus SUM ini berfungsi melakukan penambahan data yang bersifat angka. Cara ini sangat efektif untuk kamu yang ingin menjumlahkan data dengan jumlah yang banyak. Cara penulisan rumus SUM antara lain :

=SUM (Sel Awal : Sel Akhir)

Sel Awal adalah sel pertama untuk awal perhitungan data.

Sel Akhir adalah sel terakhir yang ingin dilakukan perhitungan.

Dalam Microsoft excel tidak ada rumus pengurangan, namun kamu bisa mengunakan tanda operasi (-) untuk membuat data angka pengurangan.

  1. Average (Rata-rata)

Rumus Average berfungsi untuk menghitung rata-rata angka dalam bentuk kumpulan nominal. Cara penulisan rumus Average antara lain :

=AVERAGE(Sel Awal : Sel Akhir)

  1. IF

Rumus Fungsi IF dalam microsoft excel berfungsi untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan yang diharapkan dengan cara menguji parameter dan mengembalikan hasil jika True atau False. Cara penulisan rumus if antara lain :

=IF(Parameter yang benar, Perintah untuk lakukan sesuatu, Jika kondisi salah lakukan yang lain)

  1. MIN

Rumus MIN pada Microsoft excel berfungsi untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data. Cara penulisan rumus MIN antara lain :

=MIN (Sel Awal : Sel Akhir)

  1. MAX

Rumus MAX pada Microsoft excel berfungsi untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data. Cara penulisan rumus MIN antara lain :

=MAX (Sel Awal : Sel Akhir)

  1. PRODUCT

Rumus Product berfungsi untuk mengalikan semua angka kedalam cel dan mengembalikan hasil kali. Contohnya jika cel A1 dan A2 berisi angka, kamu dapat menggunakan rumus =PRODUCT(A1,A2) untuk mengalikan kedua angka yang berada di cel A1 Dan A2. Atau kamu juga bisa mengunakan operasi yang sama dengan operator matematika perkalian dengan menggunkan (*). Contohnya =PRODUCT(A1*A2). Cara penulisan rumus PRODUCT antara lain :

=PRODUT (Sel Awal : Sel Akhir)

Begitulah rumus-rumus dasar pada Microsoft excel untuk pemula yang sering kita gunakan sehari-hari dalam bekerja. Semoga artikel rumus dasar Microsoft untuk pemula ini bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar Microsoft excel. Jika artikel ini bermanfaat share ke teman-teman kamunya, supaya yang belum tahu bisa jadi tahu.

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet