Toprak Razgatlioglu Akhirnya Bakal Jajal Yamaha MotoGP, Didampingi Cal Crutchlow

Toprak Razgatlioglu Akhirnya Bakal Jajal Yamaha MotoGP, Didampingi Cal Crutchlow

Diposting pada

 21 total views,  3 views today

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Bola.net – Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu, akhirnya akan benar-benar dapat kesempatan menjajal motor MotoGP milik Yamaha, YZR-M1, dalam beberapa uji coba pada 2022. Hal ini ia sampaikan kepada GPOne, usai rencana uji coba tersebut batal tahun ini.

Razgatlioglu, yang merupakan juara WorldSBK 2021, sempatkan ikut menjalani uji coba pascamusim MotoGP di Jerez, Spanyol, pada 18-19 November lalu. Namun, rencana itu batal karena WorldSBK Indonesia di Mandalika diundur dari 12-14 November hingga 19-21 November.

Rencana uji coba Razgatlioglu di atas M1 itu memang hingga kini belum dikonfirmasi secara resmi oleh Yamaha. Namun, rencana itu telah menghebohkan paddock MotoGP dan WorldSBK sejak September. Pasalnya, Razgatlioglu mengakuinya lewat vlog enam kali juara WorldSBK dari Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea.

1 dari 2 halaman

Tekad Pindah ke MotoGP pada 2023

Pembalap Pata Yamaha WorldSBK, Toprak Razgatlioglu (c) Yamaha Racing

Dalam vlog Rea tersebut, Razgatlioglu mengaku mengiyakan tawaran Yamaha untuk menjajal M1 ‘hanya’ demi mencari tahu apakah dirinya akan menyukai motor tersebut atau tidak. Padahal, Yamaha sudah sangat ingin menurunkannya di MotoGP dalam waktu dekat lewat tim satelit mereka, WithU Yamaha RNF MotoGP Team.

Seperti yang dikutip Crash.net, Rabu (22/12/2021 ), Razgatlioglu mengaku uji cobanya di atas M1 nanti bahkan tak akan digelar sekali, melainkan setidaknya dua kali. Meski tanggal dan sirkuitnya belum ditentukan, El Turco dipastikan uji cobanya bersifat tertutup dan akan dilakukan bersama test rider Yamaha MotoGP yang juga eks rider WorldSBK, Cal Crutchlow.

“Saya akan menjajal M1 dalam dua uji coba penutupan pada 2022. Pada hari-hari itu, saya akan berkendara dengan Cal Crutchlow, dan saya harap bisa menjalani debut saya di MotoGP pada 2023 meski saat ini seluruh konsentrasi saya ada pada WorldSBK musim depan,” ungkap Razgatlioglu.

2 dari 2 halaman

Dikabarkan Jadi Rider Cadangan Yamaha RNF

Test rider Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

Pembalap penguji Yamaha, Cal Crutchlow (c) Yamaha MotoGP

Pembalap 25 tahun itu juga kabarnya menerima pengendara jadi cadangan untuk WithU Yamaha RNF MotoGP Team pada 2022, dan akan simpan jika Andrea Dovizioso atau Darryn Binder absen. Uniknya, lewat Speedweek pada Rabu (15/ 12/2021), Team Principal RNF, Razlan Razali, mengaku ragu menggaet ‘Stoprak’

sebagai rider cadangan.

“Saya belum mempertimbangkan hal itu, karena saya harap tak satu pun rider kami cedera . Selain itu, berdasarkan pengalaman, kami tahu rider, ia selalu punya tugas yang sulit, tak peduli hebatnya si rider. Tugasnya mudah, terutama bagi rider superbike,”.

Sebagai catatan, baik Dovizioso maupun Binder, bahkan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), saat ini hanya mengandalkan kontrak dengan Yamaha sampai akhir 2022. Hanya Franco Morbidelli yang memiliki kontrak dengan Yamaha sampai akhir 2023 mendatang.

Sumber: Crashnet, Speedweek


Read More